Belajar

Sudah seminggu lebih sejak aku keluar dari RS, dan sudah hampir beberapa hari aku mencoba untuk terus fokus belajar.

Ini sangatlah sulit :( Terkadang, saat aku berbaring kelelahan padahal baru belajar sekitar 15 menit, aku melayangkan pandangan pada perlatan merajutku, atau rak yang penuh dengan buku matematika. Aku kembali tersadar, kapan ya aku bisa menikmati belajar kedokteran seperti saat aku menikmati belajar matematika? Kapan aku bisa kembali menikmati kegiatan merajut?

Jawaban itu tidak pernah datang. Untukku menikmati belajar hal-hal kedokteran belum pernah seasyik belajar matematika. Namun,  semua teman dekat yang kukenal masuk kedokteran karena keinginannya sendiri, jadi mungkin akan sedikit sulit bagiku untuk mencari saran atau masukan.

Ah iya, sudah hampir 40 hari kepergian Nenek, dan itu berarti ruh Nenek juga akan segera pergi. Nenek belum pernah muncul sekalipun dalam mimpiku. Aku masih juga bertana-tanya, apakah Nenek tidak merasakan sakit saat ruhnya akan dicabut waktu itu? Apakah sungkupnya tidak terlalu ketat? Apakah infusnya tidak menyakitkan?

Nenek adalah salah satu dari sangat sedikit orang yang menjadi alasanku untuk terus belajar tanpa pernah mengeluh pada sedikit orang bahwa kedokteran bukanlah hal yang kusukai. Nenek selalu mendo'akan tanpa berharap  banyak. Nenek hanya ingin jalanku dilancarkan. Nenek tidak pernah berharap dimana aku akan melakukan internship, atau di mana kelak aku akan bekerja. Nenek tidak pernah menuntut aku harus jadi spesialis apa. Nenek hanya mendo'akan hal-hal baik dalam hidupku.

Sejak Nenek pergi, aku seperti dihantam beban yang begitu berat. Mengapa Nenek harus pergi di saat aku begitu butuh dukungan untuk menjalani ujian? Salah satu dari sangat sedikit alasan bagiku untuk tetap belajar di fakultas kedokteran telah pergi dan tak akan pernah kembali. Aku harus kembali mencari alasan yang lain, hal yang lain.

Kalau ini vlog, mungkin aku akan meminta kalian memberi komentar hahaha that's quite funny

Semoga kalian yang juga sedang berjalan, sedang berjuang di jalannya masing-masing, akan segera mampu menaklukkan perjuangan itu. Semangat, ganbatte nee \^o^/


Kapal Pecah
September 24th 2021
-pinus pines-

Belum ada Komentar untuk "Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel