Hilang

Beberapa hari lalu sepulang dari sekretariat IDI (saya seorang relawan di sana), di sepanjang perjalanan saya bercakap-cakap dengan seorang teman mengenai pergeseran minat baca. Awalnya, teman ini hanya mengungkapkan tentang betapa hal yang dulunya sangat ia nikmati, menjadi sesuatu yang membuatnya menghela napas dan seakan tak lagi memiliki daya tarik untuk dikerjakan. Saya kemudian menimpali bahwa saya mengalami hal yang sama.

Saya, dan dia, baru saja menyadari, bahwa minat kami akan membaca buku begitu merosot sejak menjadi mahasiswa. Entah faktor apa yang memengaruhi ini, namun kami berdua mengalaminya (dan seorang teman lagi yang jaga hari ini dengan saya).

Semasa sekolah, saya begitu menikmati kegiatan membaca buku. Kadang, 1 buku selesai hanya dalam beberapa jam. Kadang, saya bahkan rela begadang hanya untuk menyelesaikan 1 buku, tanggung untuk menunggu esok hari. Segala jenis buku akan saya baca. Fiksi maupun non-fiksi begitu menarik perhatian. Bahkan ada saat di mana semua buku yang ada di rumah sudah saya selesaikan. Kata Ibu, sejak kecil saya memang senang membaca apapun itu. Pernah, saya membaca Hock (merk kompor) dengan HOCEK. Bahkan saat di perjalanan, saya membaca semua papan nama bangunan yang dilewati. Tidak jarang saya tertidur dengan berbagai buku di sekeliling saya. Membaca buku memang tidak menjadikan saya menjadi nomor 1 di sekolah, namun menambah wawasan saya akan begitu banyak hal, mulai dari yang sangat penting, hingga hal-hal kecil yang kadang terlupakan oleh orang lain.

Namun, sejak menjadi mahasiswa, minat itu pelan-pelan bergeser hingga menghilang sepenuhnya. Membaca hanya ketika akan menyusun referat atau akan mempresentasikan kasus, dan tugas lainnya. Di luar dari itu, saya tak lagi membaca buku. Bahkan untuk membaca e-book pun saya malas. Dahulu, setiap kali saya mengunjungi mall, saya pasti berkunjung ke Gramedia dan membeli setidaknya sebuah buku. Namun, sekarang saya lupa kapan terakhir kali membeli buku (selain buku kedokteran, yang bahkan tidak saya baca sama sekali).

Karena pergeseran ini, akhirnya saya memutuskan untuk memulai kembali dari nol. Ya, saya akan kembali menanam bibit minat baca, dengan membaca buku-buku ringan. Kemarin, saya akhirnya menamatkan buku pertama, sebuah novel remaja karangan Winna Efendi berjudul Tomodachi. Selain itu, saya akan mulai menulis postingan baru tentang setiap buku yang selesai saya baca. Mungkin hanya akan ada novel dalam beberapa postingan pertama, namun itu akan menjadi awal yang baik.

GANBATE!!!

Belum ada Komentar untuk "Hilang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel