Once Upon A Time #4 : Hari Pertama Jaga

Bagian Interna (Ilmu Penyakit Dalam)

Hari Pertama Jaga


Waktu itu, karena masih baru juga, udah semangat banget buat ke kamar koas (kakos), simpan barang, dan cus Jaga. Padahal masih setengah jam lagi sebelum jadwal jaga. Dan setibanya di kakos, tiba-tiba ada kakak ners (perawat) yang ngetuk pintu.

"Dok, ini ada konsul untuk interna."

Karena kami berdua-oh iya, waktu itu saya berdua dengan seorang teman perempuan juga-masih gatau apa-apa, jadi bingung kan.

"Eh kak, ini digimanain? Kami baru pertama jaga, kak."
"Lho, maaf dok, saya gatau dok, pokoknya dari tadi itu saya udah bolak-balik tapi belum nemu dokter buat tanda tangan buku konsulnya."

Kami berdua yang kebingungan jadinya nelpon chief, minta arahan, sambil melarikan diri keluar kakos, nun jauh dari tempat jaga.

"Chief, ini gimana kalo ada konsul? Kan belum waktu jaga?"
"Bentar yah, saya tanyain ke gubco dulu."
"Ooh oke. Kabarin cepat yah, soalnya kakak ners nya udah dari tadi, kasian."

Pas balik ke kakos, itu udah jam 2, dan kakak ners nya udah entah di mana. Nah, udah mau keluar kaan. Di depan kakos itu ada semacam ruang rapat sekaligus papan konsul, jadi ga jarang ada residen yang lagi ngejawab konsul. Trus kami dapet ada 1 residen yang lagi ngejawab konsul kan, jadi disamperin lah.

"Maaf dok, kami koas interna, ini jaga pertama kami, dok. Tadi ada konsul dibawa sama kakak ners, tapi kami gatau mau ngapain dan kakak ners nya udah keburu pergi dok, mohon maaf, dok."

"Ooh konsul yang tadi udah kok dek, ini udah sementara saya jawab."

Tadaaaa selalu ada kemudahan dalam kesulitan kaaan. Akhirnya masalah terpecahkan.

Kisah selanjutnya masih di hari pertama, jadi kan setiap bagian yang ditempati jaga, ada satu residen penanggung jawabnya juga. Tapi, residennya ga stay di satu tempat itu saja, melainkan nomaden. Waktu itu, kami ada bertiga, jadilah saya dipanggil ke perawatan sebelah yang juga jadi tanggung jawab residen tersebut.

Di sana, residen ngasih tugas buat cek TTV per jam pasien yang udah penurunan kesadaran. 2 jam kemudian, tekanan darahnya udah drop banget, jadinya TTV per 30menit. Pas saya lapor untuk kedua kalianya, residennya bilang, kalo si pasien udah mau lewat, karena emang udah dikasih vascon pun, tekanan darahnya masih stay di 50/30. Udah syok juga kan, napasnya juga udah satu-satu. Jadi, saya follow up TTV nya itu juga buat nunjukin ke keluarganya, kalau kami itu akan terus berusaha, entah apa prognosisnya, karena hanya Allah yang tau kan.

Saya standby dari sekitar pukul 19.00 sampai 11.30, dan akhirnya si bapak meninggal dunia. Sudah di ekg juga, cek pupil juga. Mau di rjp (resusitasi jantung paru) tapi ga bisa karena labelnya dnr (label untuk tidak diberikan rjp).

Anak sulungnya udah yang sedih banget sejak pertama kali bapaknya saya follow up, pas bapaknya meninggal, anak sulungnya yang kayak ga rela banget.

"Bapak, jangan pergi pak. Bapak kan belum liat saya menikah. Bapak jangan pergi dulu pak. PAAKKKK"

Tapi istri bapaknya benar-benar yang ikhlas, nuntun si bapak sampai akhir hayatnya.

"Ga boleh kayak gitu, bapaknya ya didoakan, jangan nangis meraung-raung kayak gitu, nak. Dzikir, doakan bapak, nak."

Dan saya? Saya hanya bisa mematung di ujung tempat tidur, sudah ga nge-follow up lagi, ga tau  mau ngapain juga kan. Benar-benar yang gatau. Tapi akhirnya setelah residennya ngasih pernyataan meninggal, saya ngikut keluar. Hari itu saya menulis surat keterangan meninggal untuk yang pertama kalinya, di jaga pertama pula.

Dan saat keluarganya pulang, jenazahnya juga dibawa, keluarganya yang berkali-kali berterimakasih.

"Dok, terimakasih banyak dok. Terimakasih, dok."

Istrinya yang nyalamin kami  satu per satu. Udah hampir mewek disitu, haduh kok sedih banget.

Jaga pertama itu ngasih banyak pelajaran :
1. Sudahlaah jangan terlalu bersemangat jugaa, nanti ada yang ga pada tempatnya kan
2. Dalam setiap kesulitan, pasti ada kemudahan
3. Kematian itu bisa datang kapan saja
4. Dokter bukan penyembuh, tapi bisa memberikan upaya nya yang terbaik
5. Bener kok, yang dibilang, pasien itu ga peduli kamu sepintar apa, yang penting kamu peduli.



^pinus-pines^

Belum ada Komentar untuk "Once Upon A Time #4 : Hari Pertama Jaga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel